cara menulis artikel seo friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Teknik atau cara menulis artikel SEO Friendly membutuhkan keahlian khusus. Artikel merupakan konten yang penting untuk sebuah blog maupun web. Tanpa adanya sebuah artikel yang  SEO friendly, maka sebuah web akan sulit ter-upgrade untuk bisa menjadi nomor satu yang muncul pada halaman pertama Google. Untuk itulah, bagi Anda yang memiliki sebuah blog atau website, Anda saat ini sedang membutuhkan artikel yang berkualitas.

Bagi yang ingin tahu cara membuat artikel berkualitas dan juga cara menulis artikel SEO friendly, maka berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan:

  1. Menggunakan keyword pada judul artikel

    www.situseo.com

    www.situseo.com

Peran sebuah judul sangatlah penting, bukan hanya membantu agar pembaca tertarik membaca tulisan yang kita buat, melainkan juga elemen pertama yang di crawl oleh Google. Hal ini penting untuk menentukan topik satu artikel.

Nantinya, keyword bukan hanya ada di judul, namun,  merata di badan artikel.  Oleh karena itu, keyword di judul juga membantu untuk membuat struktur artikel menjadi runtut dan enak dibaca. Kenapa demikian? Karena dengan begitu, isi artikel tak akan melenceng dari topik utama yang dibahas pada judul.

Perlu diingat juga, bahwa jangan karena ingin mengejar kebutuhan SEO, lalu judul dibuat dengan tidak logis, hingga bisa menimbulkan kesan aneh dan tidak enak dibaca.

  1. Menggunakan judul yang bisa mengundang klik dari calon pembaca

    www.situseo.com

    www.situseo.com

Kadang, pemilik blog atau web kesulitan membuat judul, karena harus memenuhi syarat SEO, yakni memiliki keyword di dalamnya, hingga kadang kala isinya jadi rancu dan aneh. Ada solusi untuk masalah ini, yakni, kita bisa membuat judul yang luwes sehingga bia mengundang klik.

Jumlah huruf dalam judul juga sebaiknya diperhatikan, yakni tidak melebihi 60 huruf, agar tidak terpotong di halaman pencarian. Yang menjadi kunci di sini adalah, buatlah judul yang luwes dan enak dibaca hingga bisa mengundang klik, karena nantinya pengunjung akan membaca judul dan membaca deskripsi artikel di search engine melalui tulisan Anda (snippet) sebelum masuk ke website atau blog Anda.

  1. Artikel panjang dan dalam

artikel panjang mempengaruhi seo

www.situseo.com

Semakin panjang artikel, maka akan semakin baik pula peringkatnya di search engine. Pendapat ini memang tidak sepenuhnya benar, namun juga sangat berpengaruh. Akan lebih baik memang jika kita menulis artikel bukan sebatas untuk memenuhi kebutuhan SEO, sebaliknya artikel harus informatif dan sesuai dengan apa yang ingin dicari oleh pembaca, hingga pembaca akan selalu berkunjung ke blog dan web kita lagi di masa yang akan datang.

Maksud artikel yang panjang dan dalam adalah bukan hanya panjang kata-katanya, namun juga dalam pembahasan topiknya, jadi bukan hanya membahas sesuatu di permukaan saja.

Backlinco.com menganalisa bahwa rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1890 kata.

  1. Menggunakan internal link

    www.situseo.com

    www.situseo.com

Selain itu, cara menulis artikel SEO friendly adalah dengan menggunakan internal link atau link dalam satu website atau blog. Untuk jumlah berapa banyaknya link, tidak ada batasnya, asalkan artikel tetap bisa dibaca dan luwes. Jangan sampai adanya internal link justru melukai mata pembaca blog Anda, kalau demikian, maka Anda tidak sukses membuat artikel yang berdasarkan user experience.

Contoh web yang memiliki banyak internal link adalah Wikipedia. Dalam satu halaman bisa terdapat puluhan internal link, namun mereka tidak mendapat penalty dari Google. Jadi bisa disimpulkan bahwa internal link boleh dibuat sebanyak-banyaknya untuk artikel blog atau web Anda dengan catatan artikel tetap enak dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.