Cara Instal Laravel Bagi Anda Yang Ingin Belajar Laravel

Laravel adalah salah satu framework terpopuler di dunia saat ini dibawah lisensi MIT dan dibangun dengan konsep MVC (Model View Controller) yang mampu mengalahkan Framework Codeigneiter dari segi pengembangan dan komunitasnya. Framework PHP CI Codeigneiter atau framework PHP lainnya bukan berarti tidak bagus atau tidak direkomendasikan untuk dipelajari.

Tidak ada skill atau ilmu yang sia-sia. Itu semua kembali lagi kepada kebutuhan kita mau mendalami ilmu apa. Bagi kami, menguasai atau mendalami satu ilmu namun profesional atau expert lebih baik dibandingkan menguasai beberapa ilmu namun masih basic atau skill hanya di tahap dasar sampai middle. Semua pada porsinya masing-masing.

Sebelum ke tahap instalasi Laravel kami posisikan Anda sudah menginstal Web Server XAMPP, MYSQL, dan PHP My Admin di PC / Laptop Anda.

Tutorial Cara Menginstal Laravel Melalui Terminal / CMD

A. Instal Composer

  1. Instal composer terlebih dahulu sebelum menginstal Laravel. Tunggu beberapa saat. Kurang lebih 30 – 60 detik tergantung kecepatan internet Anda. Jika sudah selesai, lanjut ke step 2.
    sudo curl -sS https://getcomposer.org/installer | php 
  2. Ketik perintah di bawah pada Terminal / CMD. Pastikan bahwa composer sudah dapat diakses secara global.
    sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer
  3. Pastikan composer sudah terinstal dengan mengetikkan perintah setelahnya pada Terminal / CMD
    composer
  4. Selesai. Composer sudah terinstal sempurna kira-kira penampakannya bisa dilihat seperti ini. Mudah bukan? Lanjut instalasi Laravel pada XAMPP/Htdocs/Web Server Anda.


B. Instal Laravel

  1. Akses folder HTDOCS/Web Server Anda melalui Terminal / CMD. Kode ini tidak pasti tergantung dimana direktori folder htdocs XAMPP Anda simpan. Contoh:
    cd /Library/WebServer/Documents

    Keyword cd pada Terminal / CMD artinya mengarahkan ke folder yang akan dituju atau dibuka dalam hal ini folder Library/WebServer/Documents/
  2. Kemudian instal Laravel versi terbaru. Ketikkan perintah di bawah ini.
    composer create-project --prefer-dist laravel/laravel Situseo

    Keyword Situseo dapat diubah sesuai keinginan folder kerja Anda nanti. Tunggu beberapa saat, file akan diunduh ke direktori Anda. Pastikan koneksi internet stabil. Penampakannya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.
  3. Setelah selasai, silakan akses folder source laravel yang sudah kita unduh. Ketik perintah di bawah, atau sesuaikan nama folder Anda.
    cd Situseo
  4. Running Laravel atau jalankan fungsi Laravel. Ketik perintah di bawah.
    php artisan serve
  5. Step terakhir. Buka browser Anda kemudian ketik perintah di bawah pada URL browser Anda. Pastikan XAMPP Anda sudah running sebelumnya.
    localhost:8000

Sekarang Anda sudah bisa memulai lembar kerja Anda menggunakan framework Laravel. Terima kasih telah mengunjungi situs kami. Share jika itu bermanfaat. Salam. Jasa Pembuatan Website Situseo.

Baca Juga: Cara Membuat Email Perusahaan Terhubung Gmail