Begini Cara Membuat Email Perusahaan Terintegrasi Gmail

Begini cara membuat email perusahaan terintegrasi Gmail untuk keperluan bisnis Anda sangatlah mudah jika Anda mengikuti step di bawah ini dengan baik dan benar. Sebelum memulai mengikuti langkah-langkahnya perlu diketahui dengan adanya email perusahaan, webmail atau email bisnis dapat menambah reputasi bisnis perusahaan Anda agar terlihat lebih profesional. Contoh email perusahaan adalah info@perusahaan.com, care@perusahaan.com, budi@perusahaan.com.

Memang benar adanya jika membuat email perusahaan membutuhkan biaya domain dan hosting atau server. Silakan memesan terlebih dahulu domain dan hosting kepada penyedia jasa kepercayaan Anda. Perlu juga Anda ketahui hosting akan berpengaruh terhadap kecepatan transfer file email perusahaan Anda nanti. Jadi, pilih perusahaan penyedia jasa hosting terbaik yang ada di Indonesia.

Step 1: Cara Membuat Email Perusahaan Bisnis Anda Di Cpanel Hosting.

  1. Buka akun cpanel hosting atau server yang sudah Anda pesan sebelumnya kemudian pilih Email Accounts.

  2. Silakan Create Email kemudian tambahkan Username, Password dan pilih Storage Penyimpanan Webmail yang nanti akan Anda gunakan untuk mengakses email perusahaan atau webmail Anda. Contoh info@perusahaan.com.

  3. Klik Create, email perusahaan berhasil dibuat.

  4. Masih tetap di menu Email Account. Buka tab baru dan kemudian testing webmail Anda dengan menggunakan email Gmail atau email apa saja. Kirimlah sebuah file ke webmail yang Anda buat tadi kemudian buka interface email perusahaan Anda. Tampilan interface email perusahaan bisa Anda pilih Horde atau Roundcube.

  5. Begini salah satu tampilan interface email perusahaan atau webmail. Pada tahap ini Anda sudah dapat menggunakan webmail perusahaan untuk berkomunikasi ke email lain.

Terkadang memang tampilan interface webmail perusahaan kurang begitu menarik dan mungkin membutuhkan adaptasi lagi dalam mengelola setiap pesan pada email perusahaan, apalagi Anda setiap saat membutuhkan notifikasi email yang sudah tersinkron ke Smartphone Anda. Dibandingkan dengan interface Gmail, Outlook, atau Yahoo, memang lebih menarik dari segi tampilan, kecepatan, dan pengalaman Anda dalam menggunakannya. Maka dari itu saran kami, silakan menyingkronkan webmail perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya ke salah satu penyedia email gratisan di atas, contohnya dengan menggunakan alamat pribadi email Gmail Anda.

Step 2: Cara Menghubungkan Email Perusahaan Dengan Akun Gmail Anda.

  1. Buka akun Gmail Anda kemudian pilih Setting/Setelan pada pojok kanan atas akun Gmail Anda.

  2. Pilih Akun dan Impor pada navigasi setting Gmail.

  3. Klik Tambahkan Alamat Email Lainnya pada menu Kirim Email Sebagai.

  4. Isi form title atau nama perusahaan dan webmail perusahaan yang sudah Anda buat tadi pada popup browser yang muncul. Contoh, Nama: Admin Perusahaan | Alamat email: info@perusahaan.com. Kemudian klik Langkah Berikutnya.

  5. Isi informasi server SMPT dan port hosting Anda kemudian masukkan email perusahaan yang sudah dibuat sebelumnya pada Nama Pengguna dan password webmail perusahaan Anda pada Sandi. Untuk pilihan pada radio button ceklis Sambungan Aman Menggunakan SSL (disarankan) kemudian Tambahkan Akun.

  6. Untuk melihat informasi SMPT hosting Anda silakan buka kembali Cpanel, Email Account pilih Check Mail. Bisa Anda lihat seperti keterangan gambar di bawah ini. Perhatikan pada keterangan Outgoing Server. Pada keterangan tersebut server SMPT diisi dengan mail.perusahaan.com dengan port 465.

  7. Kembali lagi ke popup pengaturan SMPT Gmail pada poin nomor 5 di atas, setelah Anda menambahkan akun, Anda akan diminta memverifikasi kode atau link unik yang sudah dikirimkan ke alamat webmail perusahaan Anda. Silakan cek kembali inbox webmail pada hosting Anda. Bisa Anda lihat seperti gambar di bawah ini. (Tunggu kisaran 1 menit inbox Kode Konfirmasi dikirimkan. Kecepatan pengiriman tergantung dengan kapasitas hosting Anda).

  8. Silakan masukkan Kode Konfirmasi atau bisa dengan mengklik Link Konfirmasi. Klik Verifikasi.

  9. Kembali ke setting email kemudian Akun dan Import klik Periksa Email Dari Akun Lain (Tambahkan Akun Email).

  10. Pada popup browser tambahkan alamat email atau webmail perusahaan yang Anda buat tadi. Klik Berikutnya.

  11. Kemudian klik Import Email Dari Akun Saya Yang Lain (POP3) seperti gambar di bawah ini.

  12. Isi kembali informasi akun webmail perusahaan dan password atau sandi Anda kemudian pilih Port Server POP3 hosting Anda. Lihat kembali keterangan gambar poin nomor 6 tentang informasi Incoming Server tertulis mail.perusahaan.com dan angka 995 berarti port nya 995. (Sesuaikan dengan hosting Anda). Jangan lupa ceklis 3 pilihan teratas di bawah tulisan Server POP.

  13. Silakan lihat pada label di sidebar akun Gmail Anda jika mengaksesnya melalui laptop atau PC. Email perusahaan atau webmail berhasil terhubung dengan akun Gmail Anda. Sekarang Anda sudah berhasil mengelompokkan inbox email pribadi dari Gmail dengan inbox dari email perusahaan atau bisnis Anda. Selesai.

Inilah penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat email perusahaan. Bagaimana, mudah bukan? Silakan melakukan pengujian atau testing dengan mengirim file atau informasi apa saja menggunakan email lain ke email perusahaan Anda. Tunggu beberapa saat inbox pada label email perusahaan Anda, file dan informasi berhasil terkirim. Sekali lagi kecepatan transfer pertukaran data informasi email tergantung kemampuan hosting pilihan Anda.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan menghubungi kami. Jika artikel ini menarik dan bermanfaat silakan membagikan atau mengcopy dengan menyertakan sumber.

Terima kasih. ~Jasa pembuatan website Situseo.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan WordPress