Domain

Cara Menentukan Nama Domain Yang Pas

Domain merupakan nama yang tertulis dalam sebuah website. Biasanya nama domain ini yang dapat diakses secara hybrid dan tulisannya berupa URL yang terdapat tab alamat. Keberadaan nama domain ini cukup penting karena akan membuat orang mudah mencari website Anda dengan mudah. Agar lebih dekat mengenai domain, berikut ini akan saya berikan tips mengenai 10 cara memilih domain yang tepat.

  1. Mulai dengan keyword

Gunakan nama domain yang sesuai dengan karakter atau bisnis yang akan Anda keluarkan. Memilih keyword ini penting agar website yang akan Anda buat sekaligus menjadi situs SEO friendly yang dapat dicari oleh mesin pencari google dengan mudah. Misalnya Anda akan membuat toko baju online, maka Anda dapat menggunakan kata: baju online, baju koko, baju gamis dan sebagainya. Kemudian rangkai dengan pilihan kata yang lain seperti bajukoko.com atau jualbajuonline.com

Anda dapat merumuskan nama domain lain yang sesuai dengan produk yang akan anda jalankan. Agar dapat merumuskan nama domain dengan mudah, Anda dapat meluangkan sedikit waktu untuk melakukan branstorming untuk mendapatkan gagasan yang akan Anda buat sebagai produk andalan. Sebaiknya pilih keyword yang familiar dan banyak dicari oleh calon konsumen.

  1. Unik

Hal selanjutnya setelah menemukan beberapa pilihan keyword yang pas maka Anda dapat memilahnya dengan lebih spesifik lagi. Pilih nama yang unik dan menarik agar google lebih mudah mencari nama domain Anda sebagai produk utama dalam mesin pencarian. Saat menemukan kata yang unik untuk nama domain, jangan lupa menggunakan ejaan yang benar agar membuat traffic website anda tetap stabil. Anda juga harus hati- hati apabila ada nama yang mirip dengan brand yang sudah terkenal. Karena ini dapat menimbulkan kebingungan dan keresahan para konsumen. Jangan sampai bisnis yang Anda bangun malah menimbulkan masalah baru yang lebih besar.

  1. Gunakan .com sebagai TLD pilihan

Banyak pilihan TLD sebagai pilihan dalam membuat website yang Anda inginkan. Namun tahukan Anda jika dari sekian banyak TLD yang ada hanya .com saja yang bisa dipercaya dengan baik. Sebenarnya masih ada .net atau .org dengan standar TLD yang umum di Indonesia. Hanya saja jika dibandingkan dengan .com tentu hasil dan bandingannya lebih bagus dan umum. Hal ini juga sesuai dengan kebanyakan konsumen yang sudah aktif dan familiar menggunakan .com sebagai TLD yang cukup dikenal. Dampaknya, calon konsumen bisa saja kurang percaya dengan isi website yang anda berikan jika menggunakan TLD lain yang kurang familiar.

  1. Mudah diketik dan mudah dieja

Ada banyak pilihan diksi yang dapat dijadikan sebagai nama domain pilihan Anda. Namun tahukah anda jika nama domain tersebut dapat membuat konsumen mudah mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan. Beberapa nama domain yang susah dieja dan susah untuk diketik akan membuat calon konsumen lupa dan mudah mengganti dengan pilihan ejaan yang lain. Pilihan diksi yang mudah dieja dan mudah diketik ini erat kaitannya dengan pilihan keyword yang semula Anda tuliskan.

  1. Mudah diingat

Hal yang tak kalah penting dari berbagai paparan yang ada di atas yakni adanya diksi yang mudah diingat. Banyak kata dan frase yang dapat Anda jadikan nama domain yang unik dan menarik. Namun harus tetap diingat bahwa nama tersebut sebaiknya mudah diingat. Tentu ini sangat penting agar konsumen yang mampir ke website Anda dapat mengingat nama domain dengan mudah. Sehingga jika ingin berkunjung lagi konsumen Anda dapat membukanya lebih mudah dan lebih cepat. Terutama bagi mahasiswa yang sering membuat materi atau makalah yang berasal dari beberapa website terpercaya.

  1. Pendek

Gunakan nama domain yang pendek. Hal ini akan membuat URL Anda lebih mudah diingat dan dapat dengan cepat muncul dalam mesin pencarian google. Apabila terlalu panjang dan sulit diingat tentu akan menyulitkan bagi Anda sendiri. Banyak URL yang terlalu panjang sehingga malah sulit muncul pada mesin pencari google. Nama yang pendek juga lebih familiar jika ditulis pada media offlinee seperti buku atau kartu nama. Coba bayangkan jika nama website Anda cukup panjang dan susah diingat tentu akan membuat calon konsumen Anda susah mengingat dan tidak familiar.

  1. Ciptakan ekspektasi

Banyak harapan dari pengunjung website yang ingin mendapatkan informasi atau berbagai produk menarik dari hanya sekali klik saja. Hal ini tentu akan membuat para konsumen lebih memiliki peluang untuk dapat mengunjungi website Anda dengan mudah. Harapan yang ada pada benak konsumen akan membuat mereka senang mengunjungi website Anda.

  1. Membangun brand

Agar dapat memilih nama domain yang pas, sebaiknya Anda sekaligus membangun brand yang pas untuk bisnis Anda. Brand merupakan hasil cipta manusia hanya dengan sekali lihat atau sekali baca sudah dapat melihat nama produk tertentu. Misalnya warna hijau dan soda sudah dapat membicarakan merk sprite yang sangat terkenal itu. Begitu juga dengan brand yang Anda bangun sebaiknya ciptakan sesuatu yang mudah diingat orang dan dapat membuat produk Anda semakin terkenal.

  1. Hindari tren

Sebaiknya anda tetap menghindari tren dalam membangun sebuah bisnis. Ini bukan berarti Anda harus mangkir dari peradaban dan menghilangkan informasi up to date yang cukup penting itu. Ada banyak tren yang dapat menjatuhkan sebuah bisnis tertentu, dan sebaiknya Anda menangkis hal tersebut agar tidak ikut dalam arus yang salah. Misalnya hadirnya ojek online dan ojek biasa tentu menuai beragam kondisi. Apabila dibandingkan dengan pergeseran teknologi tentu mempertahakan usaha ojek biasa akan sangat sulit sekali. Apabila Anda tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada tentu hal tersebut akan membuat Anda lebih terpuruk lagi dan lagi.

  1. Tools seleksi domain

Hal terakhir apabila Anda memang sudah buntu dalam menemukan nama domain yang tepat maka sebaiknya Anda gunakan tools seleksi domain agar lebih mudah. Tentu saja dalam menggunakan tools ini tetap harus mengindahkan 9 tahap yang sudah saya paparkan di atas. Pilih dan pilah berbagai nama yang muncul agar sesuai dengan harapan dan ekspektasi pengunjung. Gunakan tools seperti domainsBot atau NameMesh untuk mencari nama domain yang Anda sukai.

Memilih nama domain sama pentingnya seperti membangun sebuah brand bisnis yang Anda lakukan. Banyak nama dan pilihan diksi yang bisa Anda gunakan dengan baik. Jangan lupa mendaftar nama keyword yang muncul pada mesin pencari google. Beragam diksi yang Anda pilih sebaiknya tetap unik, menarik, mudah diingat, mudah dieja, mudah diketik dan pendek. Memilih nama domain yang panjang akan membuat orang kesulitan mengingat dan membuat Anda menjadi bahan tertawa banyak orang. Membangun sebuah bisnis dapat dikatakan sulit, namun memilih nama domain yang sederhana dan mengena adalah keharusan.

Inilah cara menentukan nama domain yang sesuai dengan bisnis yang Anda lakukan. Apabila Anda akan membuat sebuah website gunakan nama domain yang sesuai dengan brand Anda dan yang terpenting nama domain yang dipilih sangat sreg dan mudah diingat konsumen dengan mudah. Sekali dengar, sekali lihat dan sekali ketik sudah dapat menggambarkan hasil yang memuaskan. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga tulisan ini dapat memberi manfaat yang berharga untuk Anda. Terimakasih sudah membaca, Situseo.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Sales