Iklan Google

Menggunakan Iklan Google Bisa Membantu Bisnis Anda Berkembang

Kunci sukses melejitkan omset Anda dengan menggunakan iklan Google atau Google Adwords. Google lebih dari hanya sekadar mesin pencari yang bisa memberikan Anda informasi tentang berbagai hal. Perusahaan raksasa dunia di dunia digital ini juga menyediakan sarana bagi para pebisnis berupa iklan Google untuk mengembangkan usahanya. Selama ini mungkin yang akrab bagi kita bila mendengar kata iklan pada Google adalah Google Adsense, selain produk tersebut Google juga mempunyai Adwords yang bisa dipertimbangkan sebagai sarana marketing Anda.

Mengenal tentang iklan Google

Secara umum para blogger publisher yang mengincar pendapatan dari Adsense akan mendapat komisi dari perusahaan karena blog atau websitenya telah memuat iklan dari Google. Sebaliknya, seorang advertiser justru harus membayar biaya iklan pada Google karena produknya telah dipasang pada Adwords. Biaya iklan inilah yang nantinya akan dipergunakan oleh perusahaan untuk membayar komisi bagi publisher. Jadi demikianlah singkatnya perputaran uang terkait periklanan di Google ini.

Apakah yang dimaksud Google Adwords / Iklan Google?

Terjemahan langsung dari Google Adwords memang iklan kata-kata, bahasa kasarnya seperti itu. Akan tetapi intinya produk Google ini dirilis sebagai salah satu sumber uang melalui program iklan. Perusahaan menawarkan sistem yang lumayan unik, yaitu membantu para pengusaha atau pebisnis untuk mempopulerkan produk atau jasa mereka sekaligus melakukan branding via internet.

Nah, cukup sederhana bukan?

Anda bisa melihat produk periklanan Google ini saat mengetikkan sebuah keyword pada laman Google. Saat melihat sebuah kotak berwarna kuning dengan tulisan Ad atau Ads pada salah satu judul artikel, itulah desain iklan yang dipublikasikan via Google. Tidak hanya satu pastinya namun ada banyak desain iklan lainnya. Iklan dimaksud bisa muncul pada bagian samping, atas, atau bawah laman Google.

Kegunaan Google Adwords

Dari berbagai mesin pencari seperti Yahoo, Bing, dan sebagainya, dapat dikatakan bahwa Google adalah yang terbesar di dunia dengan lebih dari setengah pengguna internet mengandalkan search engine yang satu ini. Begitu populernya Google hingga memunculkan istilah baru seperti googling yang artinya sedang mencari atau googled, maksudnya sudah dicari.

Dengan demikian iklan Google yang Anda pasang berpeluang untuk dilihat jutaan netizen setiap harinya karena akan muncul pada laman pertama pencarian Google. Berbagai manfaat lain yang bisa Anda peroleh adalah:

  1. Peningkatan traffic tertarget dengan cepat

    Adwords menggunakan perhitungan Pay Per Click alias PPC untuk menghitung berapa dana iklan yang harus Anda bayar. Jumlah klik tersebut akan dikonversi sesuai harga tiap klik-nya. Misalnya Anda menyediakan budget sebesar 50 ribu per hari dan harga tiap klik adalah seribu rupiah. Jadi Anda bisa memperoleh 50 klik hasil perhitungan 50 ribu dibagi seribu.

  2. Mendapatkan traffic sesuai target

    Adwords akan memuat iklan sesuai kata kunci yang diketikkan pada search engine. Misalnya Anda membuka bisnis snack bayi dan keywords yang Anda targetkan adalah snack bayi bergizi, pengunjung yang mengakses situs Anda melalui Adwords artinya telah menggunakan mesin pencari dengan kata kunci tersebut.

    Intinya mereka yang melakukan pencarian di Google adalah konsumen yang telah berniat membeli sehingga peluang produk Anda terjual akan lebih besar. Iklan Anda tak akan muncul secara acak, namun hanya pada visitor tertarget sesuai produk Anda.

  3. Citra situs Anda semakin tinggi sesuai SEO

    Umumnya optimasi SEO dilakukan dengan menargetkan keyword tertentu, saat Anda memasang iklan Google dengan Adwords tak perlu takut SEO Anda akan terganggu. Faktanya beriklan pada Adwords akan memberi keuntungan berkaitan dengan reputasi website Anda. Alasannya, pencarian keyword tertarget yang banyak dilakukan sebagai upaya optimasi SEO akan terdata dan algoritma Google akan menilainya sebagai situs Anda mempunyai konten berkualitas dan terpercaya.

  4. Peningkatan omset

    Harus disadari bahwa menggunakan Google Adwords bukan jaminan omset produk Anda secara signifikan akan meningkat. Walaupun faktanya Google mempublikasikan bahwa penggunaan produk ini pada beberapa bisnis sanggup meningkatkan omset mulai 10%,50%, hingga 90%. Penyebabnya tentu karena banyak faktor misalnya bidang bisnis, produk yang kurang diminati, kualitas produk kurang bagus, budget iklan yang tersedia, hingga target kata kunci. Semua itu kembali lagi dari cara atau strategi Anda memasarkan jasa atau produk bisnis Anda. Jika memungkinkan gunakan jasa spesialis Google Adwords atau profesional SEO untuk meriset strategi yang tepat untuk pemasaran bisnis Anda.

    Memanfaatkan internet sebagai sarana promosi dan branding di jaman sekarang ini dapat dikatakan sebagai keharusan. Bagaimana tidak, internet telah menjadi bagian dan kebutuhan pokok masyarakat di era digital sebagaimana saat ini. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari beriklan dengan Google Adwords adalah dapat mengontrol sendiri pengeluaran untuk iklan tanpa keterlibatan pihak lain. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan ketersediaan dana untuk promosi tanpa khawatir merugi.

    Google Adwords juga dilengkapi fitur-fitur canggih yang dapat Anda atur sendiri, mulai dari pilihan target iklan atau mengarahkan iklan sesuai keinginan Anda. misalnya, Anda bisa mengontrol apakah iklan ditargetkan dari blog atau website, atau dari mesin pencari. Fasilitas ini tentu bisa menjadi alternatif yang praktis, mudah, dan murah bagi pengelola online shop baik untuk produk Anda sendiri, reseller, atau dropshiper. Tak perlu ragu lagi menggunakan iklan Google ini, bukan? Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut ini adalah keuntungan menggunakan iklan dari Google Adwords bagi bisnis Anda.

  5. Biaya terjangkau

    Bagi bisnis yang masih muda dengan perputaran modal yang belum terlalu besar, tentu setiap pengeluaran harus diperhitungkan sebaik mungkin agar pengusaha tak sampai menanggung kerugian. Dibandingkan dengan memasang iklan di televisi, koran, atau media konvensional lainnya, tentu Google Adwords jauh lebih murah.

    Alasannya karena Anda bisa memilih sistem periklanan dengan model pembayaran sesuai ketersediaan dana. Sistem yang paling banyak dipilih adalah Pay Per Click atau PPC, dimana advertizer (pengiklan) baru membayar komisi bila ada netizen yang mengklik iklannya pada Adwords. Biayanya juga cukup terjangkau, yaitu mulai seribu rupiah hingga ribuan rupiah.

    Dengan opsi tersebut, tentunya iklan Google ini bisa menjadi pilihan bagi UKM yang masih kebingungan memilih model promosi yang murah dan efektif. Berkaitan dengan pembayaran, biaya iklan Google Adwords pun saat ini dapat dibayarkan dengan transfer bank lokal. Jadi bagi Anda yang tak memiliki kartu kredit, Anda tetap dapat menggunakan layanan ini.

  6. Mudah digunakan

    Google telah memastikan fitur pemasangan iklan ini user friendly alias mudah digunakan oleh siapa pun. Tak perlu bingung dengan proses pendaftaran hingga cara pembuatan iklan karena ada fitur panduan untuk memasang serta mengelola iklan Anda. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah bergabung dengan fitur periklanan itu dahulu tentunya. Hubungi kustomer support Google jika perlu. Dijamin Anda akan dipandu sampai bisa beriklan di  Google.

  7. Laporan yang akurat

    Semua kegiatan periklanan Anda pada Google Adwords dijadwalkan serta dilaporkan dengan tepat dan akurat. Hal ini tentu merupakan keuntungan yang besar bagi pebisnis karena dapat menghemat dana promosi. Dengan perencanaan yang tepat Anda juga lebih dimudahkan untuk menentukan langkah selanjutnya untuk bisnis Anda.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi referensi Anda tentang iklan Google untuk menunjang perkembangan bisnis Anda. Selain promosi dan branding untuk menumbuhkan brand awareness, sangat penting bagi pengusaha untuk memastikan kualitas produknya mampu bersaing dengan produk sejenis. Secanggih apa pun sistem pemasaran Anda, bila tidak didukung dengan mutu produk tentu hasilnya pun tak akan memuaskan bagi bisnis Anda. Hubungi kami jika ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai produk Google dan jasa SEO.