Kelebihan Dan Kekurangan WordPress

Kelebihan Dan Kekurangan WordPress Dibanding CMS Lainnya

CMS WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) bersifat open source (bisa diutak atik lebih jauh oleh pengembang) yang digunakan untuk membangun sebuah sistem informasi website. Karena sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas pengembang atau developer, namun tetap pada standar kerangka kode dari pihak WordPress sendiri. Anda bisa mendownload kerangka kode nya di  https://wordpress.org/download/

Para komunitas WordPress biasanya mengembangkan CMS ini dari segi plugin dan themes nya saja. Ada jutaan themes dan plugin wordpress yang bisa di download di salah satu marketplace penjualan theme terbesar di dunia contohnya Themeforest.

Selain membeli di Themeforest Anda juga bisa mendapatkan themes dan plugin WordPress di Code Canyon, Creative Market, Mojo Themes dan lain sebagainya. Bisa Anda search di Google.

Karena cara penggunaannya yang mudah, WordPress dapat digunakan oleh orang yang kurang memahami dunia pemrograman. WordPress dibangun menggunakan kerangka bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database.

Mungkin ada yang sebagian beranggapan ketika mendengar kata WordPress hanya sebatas web berbentuk blog yang banyak digunakan orang ketika membuat website. Anda harus membuang jauh-jauh pemikiran itu, karena WordPress mempunyai banyak kelebihan bukan hanya sebatas web blog pribadi yang pada umumnya Anda lihat di internet. Sampai saat ini adalah CMS WordPress adalah dengan CMS dengan user dan pengembang terbanyak di dunia.

Perusahaan Besar Yang Menggunakan Kerangka CMS WordPress

Ada banyak website perusahaan besar di dunia menggunakan WordPress sebagai kerangka CMS nya seperti:

  1. Majalah Time
  2. News Microsoft
  3. Logitech
  4. Playstation
  5. Mindong.co.id
  6. TechCrunch
  7. BBC America
  8. Variety
  9. Sony Music
  10. Swittransbalimatic.com

Perusahaan yang menggunakan WordPress sebagai portal perusahaan di atas hanya sebagian contoh saja, ada banyak lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Kelebihan Dan Kekurangan Mendasar Dari CMS WordPress

Jika Anda berminat menggunakan WordPress sebagai CMS website yang Anda bangun alangkah baiknya sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari CMS ini. Jika berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan sudah pasti karena adanya pembanding dari konten manajemen sistem lainnya seperti Joomla, Drupal, Laravel, Typo3, dan lain sebagainya.

Kelebihan CMS WordPress Dibanding CMS Lainnya

  1. Komunitas pengembang theme dan plugin terbesar di dunia. Karena banyaknya developer WordPress kita lebih leluasa untuk menambahkan fungsi dari sebuah website bukan hanya sebatas web blog informasi saja.
  2. CMS WordPress lebih SEO Friendly terhadap mesin penelusuran seperti Google di banding CMS lainnya.
  3. Menggunakan CMS WordPress tidak susah mencari pengembang jika ingin menambahkan fungsi (plugin) lainnya yang mungkin belum bisa Anda dapatkan di marketplace seperti ThemeForest.
  4. CMS WordPress sudah support atau mendukung terhadap situs jual beli online seperti pembuatan Toko Online dan Marketplace. Maksudnya, jika Anda ingin membuat website e-commerce yang sederhana, CMS WordPress adalah pilihan yang tepat. Pengembang plugin WooCommerce pada WordPress sangat membantu dalam mengelola toko online atau marketplace Anda nanti. Anda bisa menginstal plugin yang satu ini jika ingin membuat situs e-commerce pada WordPress.Sebenarnya CMS lainnya juga sudah ada yang support terhadap pembuatan sistem jual beli online pada kerangka CMS nya namun para komunitas pengembang WordPress pada pembuatan situs jual beli online atau e-commerce sistemnya jauh lebih powerfull, lengkap, dan sudah mempunyai banyak fungsi yang tidak dimiliki oleh CMS lainnya.
  5. WordPress sudah mendukung format bahasa Indonesia
  6. Pengembang WordPress akan semakin bertambah setiap tahunnya karena kepopulerannya, jadi akan lebih leluasa atau memudahkan usernya jika membutuhkan fungsi tambahan melalui plugin atau themes nya.

Kekurangan CMS WordPress Dibanding CMS Lainnya

  1. Karena sifatnya yang open source dan mempunyai kepopuleran hal yang tidak dapat dihindari adalah masalah security atau keamanan sistem. CMS WordPress rentang diserang para hacker dengan menyisipkan script berbahaya pada kerangka kodenya. Biasanya jika Anda mendownload secara gratis theme / plugin nulled di internet tanpa melalui situs resmi penjualan theme / plugin WordPress atau membuat website di jasa pembuatan website abal-abal. Theme atau plugin berbahaya ini akan membuat situs website Anda nanti bermasalah baik dari kecepatannya load, informasi admin website yang bisa ditembus, dan yang paling seramnya adalah di blacklist oleh search engine contohnya Google karena website Anda ditandai sebagai spam, virus, malware, dan lain sebagainya yang sifatnya merusak bagi visitornya. Kami menyarankan untuk mendownload theme dan plugin WordPress di situs resminya saja atau jika Anda ingin menggunakan jasa web developer, gunakan jasa pembuatan website terpercaya di Indonesia. Ada banyak jasa pembuatan website terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget penawaran harga dan kebutuhan sistem yang Anda akan bangun.
  2. Jika website dibuat untuk sistem yang lebih kompleks CMS buatan sendiri memang jauh lebih baik karena tidak ada batasan dalam menambah fungsi sendiri dibanding jika menggunakan CMS WordPress. Fungsi tambahan atau plugin CMS WordPress mengikuti sistem yang telah dibuat oleh developer nya.

Itulah kelebihan dari CMS WordPress dibanding CMS lainnya sampai akhir tahun 2018. Tidak menutup kemungkinan CMS – CMS lain banyak bermunculan di tahun 2019. Situseo sendiri sudah mengembangkan konten manajemen sistem yang akan mulai digunakan pada tahun 2019 yang diperuntukkan untuk klien paket bisnis jika ingin membuat sistem dengan lisensi sendiri. Terima kasih.

Baca Juga: Rahasia Teknik Pemasaran Online Paling Jitu Di Dunia