Pengertian Progressive Web Apps

Pengertian Progressive Web Apps

Mengenal Progressive Web Apps atau biasa disebut PWA lebih dekat, silakan baca artikel ini sampai tuntas. Teknologi terbaru yang akan menjadi pesaing aplikasi mobile seperti Android dan iOS.

Mengenal Progressive Web App

Progressive Web App Menggunakan website tentu harus memiliki jaringan internet yang stabil. Jaringan yang stabil dapat memudahkan Anda mengakses website. Dengan demikian akan banyak informasi yang bisa Anda nikmati tanpa harus menunggu loading yang lama dan menggemaskan. Namun setelah hadirnya Progressive Web App (PWA), sebuah website akan bisa dinikmati dengan mudah meski dalam keadaan offline sekalipun. Anda dapat menikmati sebuah website hanya dengan melihat dan mengaplikasikan halaman tanpa harus mendownload terlebih dahulu.

Apa itu Progressive Web App (PWA)

Progresif web aplikasi atau Progressive Web App (PWA) adalah sebuah aplikasi native yang mendukung hybrid secara penuh. Aplikasi ini tidak perlu install terlebih dahulu namun langsung dapat digunakan secara penuh. Program PWA memiliki banyak kelebihan yang akan memudahkan pengguna dalam menyelami sebuah website secara penuh. Banyak developer web yang menawarkan ini dengan harga yang fantastis. Apabila dibandingkan dengan hybrid, PWA ini pertengahan antara native dan hybrid sehingga kondisinya akan lebih stabil namun tetap up to date sesuai kondisi hybrid yang sebenarnya. Icon dapat dipasang pada bagian desktop atau screenhome pada mobile. Kondisi ini dibuat agar pengguna dapat melihat notifikasi dengan lebih mudah. Hanya saja untuk saat ini browser yang support dengan PWA ini hanya chrome di atas 47 saja yang bisa.

1. Instan loading

Progressive Web App sudah menggunakan service worker dengan cukup baik, jadi website ini mampu loading dalam keadaan offline sekalipun. Teknologi service worker memiliki kemampuan untuk dapat mengontrol asset yang akan dicache. Teknologi ini juga menyediakan custome permintaan jaringan sehingga dapat memberikan layanan meski dalam keadaan offline. Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini tetap harus mengakses website terlebih dahulu. Setelah program cache terbaca maka selanjutnya tetap dapat menikmati layanan meski dalam keadaan offline sekalipun. Anda tidak akan menemukan gambar dinosaurus meski jaringan sedang terputus. Browser yang mendukung service worker ini antara lain chrome, opera dan firefox minimal versi 44, sedangkan untuk safari dan microsof edge masih dalam tahap pengembangan.

2. Add to homescren

Dapat dikatakan bahwa Progressive Web App ini sebuah apliksi native karena dapat menambahkan icon aplikasi pada home screen layar utama. Anda dapat mengakses PWA ini dengan mudah dan cepat. Tidak peduli dengan kelancaran jaringan yang pelan atau cepat. Semua aktivitas terbaru dari situs tersebut tetap dapat dinikmati dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, Anda masih dapat melihat notifikasi sekaligus mengatur tanpa harus masuk lagi melalui adreest bar lagi. Anda juga tidak perlu memasukkan URL sudah dapat membuka dan melebarkan aplikasi dengan mudah. Pastikan bahwa Anda sudah lebih dahulu masuk secara hybrid, kemudian PWA tinggal merekam dan memasukkan beragam data yang sudah ada.

3. Notifikasi

Sejak munculnya chrome 42, google sudah mendukung notifkasi secara penuh pada beberapa aplikasi agar lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan layanannya. Namun rupanya hal ini menyulitkan para developer web sebab harus memberi koding satu per satu agar lebih memudahkan dalam proses aplikasi. Apabila apple, mozila, google dan microsof sepakat menentukan standar API maka hal tersebut akan membuat pekerjaan para developer semakin mudah dalam memberikan koding aplikasi. Progressive Web App ini sudah dapat memberikan notifikasi secara aktif dan terkini.

4. Cepat

Harapan dari adanya Progressive Web App ini dapat membuat pengguna semakin mudah dalam menggunakan aplikasi ini. Apabila sebuah situs tidak mengandalkan jaringan sebagai modal utama, tentu selanjutnya tinggal menentukan isi konten yang jelas dan berani. Jelas dalam memberikan informasi dan berani dalam memberikan wacana baru yang menarik.  Agar tulisan web tetap terjaga dengan baik, Anda perlu memperhatikan html, javascript dan css yang ditangani pada tiap browser. Karena tiap koding browser ini memiliki beragam perbedaan. Inilah yang patut diperhatikan oleh pengusaha developer web dalam membuat produk yang mereka berikan. Meski sudah banyak aplikasi yang sesuai dengan standar mobile. Tetap saja keberadaan PWA ini masih dapat dikatakan belum stabil. Sebagai pengguna, Anda harus memperhatikan agar aplikasi tersebut tetap dapat berjalan dengan baik.

5. Aman

Untuk dapat menggunakan service worker web dengan baik, Anda harus menggunakan protokol HTTPS. Protocol ini akan menyandikan data sesi menggunakan SSL (Secure Soket Layer) atau TLS (Transport Layer Security). Dengan adanya 2 protokol ini akan membuat data server dan data pengguna menjadi lebih aman. Apabila tidak terproteksi dengan baik, maka penysup dapat mengambil data melalui browser pengguna. Akan ada gambar, cookie dan scrip dapat diekploitasi dengan mudah. Gangguan dapat terjadi pada setiap gangguan jaringan termasuk computer pengguna, ISP dan hotspot wifi. HTTPS membantu mencegah penyusup dari gangguan komunikasi antara website.

Di Indonesia, ISP banyak digunakan untuk menginjek iklan ketika membuka sebuah web. Beberapa penyusup akan memberikan virus atau mengelabui pengguna agar menginstal malware secara tidak langsung.  Ada beberapa pihak yang sengaja menyuntikkan iklan pada beberapa web untuk diambil data dan memecah pengalaman pengguna. Sejak tahun 2014 google sudah menggunakan HTTPS ini dan memberikan prioritas sinyal peringkat pada mesin pencarinya. Kehadiran Progressive Web App ini sudah cukup aman dan terpercaya.

6. Responsive

Google sangat mendukung responsive ini dengan cukup baik. Di era yang semakin canggih ini banyak pengguna yang bergeser menggunakan destop ke aplikasi mobile. Tentu saja sebuah Progressive Web App sangat responsive terhadap berbagai aplikasi baik berupa smartphone, mobile, destop dan tablet. Keberadaan PWA ini memang memberi kabar baik bagi pecinta dunia maya yang haus akan teknologi baru yang terbarukan. Selain dapat dikatakan hemat kuota, menggunakan PWA ini juga dapat melayani pembaca dengan sangat baik.

Startup yang menggunakan PWA

Babe, jalanTikus, dan KasKus. Ketiga nama tersebut sudah menggunakan PWA dengan cukup bagus. Namun dalam perkembangannya baru Babe dan JalanTikus saja yang menggunakan service worker dengan cukup baik. Sedangkan KasKus masih mengalami perbaikan dalam menggunakan sistem Progressive Web App.

Baca Juga: Anda Harus Tahu Harga Jasa Pembuatan Website