Cari Jasa Web Design Makassar

Belajar Web Design Makassar Dengan FUN

Web design adalah keterampilan yang sangat bagus untuk dimiliki, apalagi saat ini dunia telah terpusat pada internet. Jika Anda benar-benar hebat dalam bidang ini, tentu Anda bisa menghasilkan uang dari ilmu web design yang Anda miliki.

Sayangnya menjadi seorang web designer tentu tak mudah dan dibutuhkan waktu untuk belajar serta praktek sampai Anda menjadi seorang web designer yang handal.  Banyak yang mencari tempat kursus di kotanya. Salah satunya adalah kota Makassar yang semakin berkembang. Banyak sekali jasa web design Makassar yang menawarkan produknya. Bagaimana caranya untuk menjadi seorang web designer? Ikuti langkahnya.

Langkah Awal

Saat membuka sebuah website, lihatlah desainnya tentu akan berbeda-beda. Mendesain web tentu berbeda dengan mendesain buku, poster, dan lainnya. Karena itulah seorang web designer dituntut untuk cerdas dan teliti serta kreatif agar desain yang dihasilkan unik.

Cobalah memahami apa yang melibatkan pembuatan sebuah desain web. Web design sendiri merupakan penciptaan lingkungan digital dengan tujuan memfasilitasi dan mendorong aktivitas manusia agar dapat menyesuaikan diri dengan konten dan individunya. Selain itu, desain web harus tetap unik dan walaupun nantinya teknologi mengalami perkembangan, maka identitas web tersebut haruslah dapat dipertahankan.

Tentukan juga metode belajar Anda, apakah ingin menggunakan web, buku, atau media lainnya. Sumber utama  yang biasanya menjadi rujukan seorang web designer adalah dengan belajar melalui website. Cobalah buka Codeacademy dan W3Schools.

Selain website, untuk menambah pengetahuan cobalah pergi ke perpustakaan atau toko buku untuk membaca dan memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan. Percayalah, membaca adalah jendela ilmu.

Metode selanjutnya kalau Anda adalah tipe visual, cobalah belajar dengan menonton video melalui youtube. Tandai semua video yang sesuai untuk belajar.

Tidak mau modal? Tetap bisa kok. Anda bisa mendownload ebook berupa pdf yang biasanya gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Jika Anda bersedia membayar mungkin Anda akan mendapat tips dari web designer profesional yang ada di kota Anda seperti web design Makassar.

Selanjutnya, cobalah untuk mencari tahu berapa lama waktu yang Anda miliki. Buatlah target-target  agar tujuan Anda dapat tercapai. Ini juga berguna agar Anda tetap fokus walaupun Anda sibuk.

Download lah program desain web. Ada beberapa program yang bisa Anda pilih, mulai dari Dreamweaver, Microsoft Expression Web atau KompoZer. Cobalah pelajari kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilih yang cocok.

Mulailah Belajar

Langkah selanjutnya, mulailah praktek. Mengapa? Ilmu jika hanya dibaca saja tanpa dipraktekkan tidak akan bermanfaat secara maksimal, jadi ayo mulai praktek!

  1. Mulailah dengan HTML.

    Inilah persyaratan mutlak menjadi seorang web designer baik web design di kota Medan, web design Makassar, dan sebagainya. Saat ini HTML mengeluarkan versi terbaru, yaitu HTML5 dengan teknologi yang lebih baru, jadi ini adalah pilihan yang terbaik untuk dipelajari. Ada juga XHTML yang bisa dipelajari, namun XHTML memiliki aturan yang sedikit ketat.

  2. Pelajari CSS

    CSS yang merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet adalah pelengkap HTML. Tanpa adanya CSS, maka tidak akan jadi sebuah desain web yang cantik. Jika diibaratkan HTML sendiri adalah kerangkanya, sedangkan CSS inilah yang mengisi dan membuat website berwarna dan memiliki tampilan cantik.

    Untuk belajar CSS memang tak mudah. Pasalnya CSS memiliki peraturan yang rumit, bahkan kekurangan satu titik saja  seorang web designer bisa pusing kepala.

  3. Pelajarilah JavaScript dan jQuery

    Sebenarnya Javascript dan jQuery ini optional dan tidak wajib untuk dipelajari. Namun, ini sangat penting jika Anda membutuhkan website yang interaktif. Jika  Anda menggunakan jQiery, Anda juga membutuhkan pengetahuan dasar tentang Javascript, karena  jQuery membuat semuanya menjadi cukup sederhana. Dengan jQuery, Anda bisa memasukkan widget yang sederhana seperti kalender, akordion dan sebagainya.

  4. Pindah ke bahasa pemrograman yang lebih modern

    Sebagai seorang web designer di kota Anda , terutama web design Makassar, tentu kita dituntut untuk menjadi seseorang yang profesional. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat Anda gunakan, seperti PHP, MySQL, Ruby, Perl, dan beberapa pemrograman lainnya.

    Beberapa bahasa pemrograman ini, seperti seperti PHP memerlukan uji coba, jadi pastikan untuk memiliki akun dengan perusahaan web atau cobalah menginstal perangkat lunak di komputer Anda.

  5. Terapkan ilmu

    Setelah mendapat banyak pengetahuan, yuk coba terapkan ilmu yang sudah didapat.

    1. Cobalah memuat situs web proyek. Cobalah membuat situs web dari awal dan praktekkan ilmu Anda, karena sayang jika tidak mencoba mempraktekkannya.
    2. Untuk awal, janganlah mengharap pemasukan. Mulailah dengan membantu sesama. Misalnya saja ada keluarga atau saudara yang ingin membuat web. Cobalah bantu mereka untuk mewujudkan keinginannya. Tidak masalah jika gratis dahulu sembari mencari pengalaman.
    3. Mulailah membuat situs website Anda sendiri. Bisa dengan membuat website sesuai yang Anda mau. Ini memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan portofolio Anda kepada masyarakat umum.
    4. Lakukan pekerjaan design web freelance. Selain dapat menambah pemasukan, menjadi web designer secara freelance juga bisa membantu mengisi waktu luang sembari belajar. Selain itu, dengan terus mempelajarinya, Anda tidak akan lupa karena akan terus praktek.

Tips :

Bagi Anda yang ingin belajar menjadi seorang web designer di kota Anda, baik web design Malang, web design Makassar, dan lainnya  sebaiknya unduh file PDF, karena  PDF dapat dibaca di komputer manapun, sedangkan ebook biasanya lebih dikhususkan untuk satu jenis perangkat, seperti iPad, Kindle, dan sebagainya.

Gunakan waktu dengan baik ya. Jangan berpikir harus menghabiskan semua ilmu dalam waktu singkat. Ingat, semuanya butuh proses. Selain itu, tidak usah membayar editor HTML, karena banyak kok tools yang gratis, tapi kualitasnya sama baik dengan yang harganya ratusan juta.

Saat menyelesaikan sebuah project, cobalah gunakan beberapa kode dan cobalah menyimpannya. Ini berguna agar Anda tidak mengetikkan hal yang sama.

Jika memang Anda memiliki teman atau saudara yang ahli dalam hal desain web, cobalah meminta bantuan untuk memberi Anda pelajaran. Anda harus banyak sharing dengan mereka.

Jangan pernah berhenti belajar, karena jika Anda berhenti belajar, Anda akan melupakan hal yang telah Anda pelajari. Jadi berhati-hatilah jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Lakukan riset dahulu sebelum membuat sebuah web agar tidak salah ya. Selamat mencoba.

Tugas dan pekerjaan seorang web designer

Di negara kita Indonesia masih banyak sekali orang yang mempermasalahkan pekerjaan web designer dengan web developer. Bagaimana lingkup kerja seorang web developer dan web designer pun masih menjadi bahan perbincangan yang seru dalam sebuah perkumpulan.

Sebenarnya ada bebeberapa jobdesk yang harus dikerjakan oleh seorang web designer. Namanya designer ya, tugasnya tentu berhubungan dengan desain. Pekerjaan seorang web designer adalah untuk membuat desain sebuah website dan nantinya website inilah yang hasilnya akan dinikmati di layar komputer, tablet, handphone, brosur, dsb. Tapi berbeda lho dengan graphic designer. Seorang graphic designer lebih terpusat pada media cetak, sedangkan web designer lebih terpusat pada layar komputer.

  1. Merancang Wireframing (Konsep Layout)

    Tugas pertama seorang web designer baik web designer Aceh, web design Makassar, dan kota lainnya adalah membuat rancangan layout web terlebih dahulu. Di sini layoutnya pun beragam. Ada yang dibuat dengan mencoret-coret pada kertas maupun menggunakan bantuan tools untuk untuk membuat wireframe ini. Ada juga yang langsung membayangkan dan langsung membuatnya dalam photoshop.

    Di sinilah selera desain seorang web designer dilihat, karena ia bebas berkreasi dan menuangkan ide pada setiap elemen yang terdapat pada web, seperti warna, font, dan sebagainya.

  2. Konversi Layout yang telah dibuat ke HTML atau CSS

    Sebuah web memang mengutamakan tampilan visual, namun hanya visual saja belum cukup untuk disebut sebagai desain sebuah website, maka tampilan visual tersebut harus bisa dijalankan dengan fungsi yang baik saat dibuka dalam sebuah browser. Untuk itu, dipelukan proses konversi dari file Photoshop, Firework, atau Gimp kedalam bentuk HTML atau CSS agar dapat dijalankan dengan baik dalam sebuah web browser. Proses ini biasanya dikenal dengan istilah slicing.

    Web designer di sini bertugas memotong-motong desain visual yang telah dibuat menjadi potongan gambar. Gunanya adalah agar gambar yang digunakan pada sebuah website tidak besar dan memberatkan. Selain itu proses pemotongan gambar berguna untuk memilah gambar mana yang nantinya bisa dibuat menjadi dinamis dan mana gambar yang berfungsi statis.

  3. Membuat susunan HTML (Markup)

    Setelah slicing dilakukan, jasa web design Makassar atau web designer akan mengatur tata letak elemen yang ada dalam sebuah website sesuai dengan bentuk visual yang telah dibuat sebelumnya. Disinilah HTML dibutuhkan. Jadi wajib bagi seorang web designer untuk mempelajari HTML (Hypertext Markup Language) yang saat ini telah mengeluarkan versi HTML5.

    Kenapa harus mengerti bahasa markup? Ini karena desain yang telah dibuat nantinya akan dibuka pada sebuah layar monitor dengan menggunakan web browser, bukan untuk dicetak. Jadi, web designerlah yang bertanggung jawab dan memastikan agar desain yang dibuatnya tampil dengan baik dalam sebuah browser.

    Tata letak tak cukup hanya dengan HTML saja, karena nanti jadinya sangat monoton. Di sinilah web designer harus mempercantik tampilan markup dengan bantuan CSS. Jadi CSS ini adalah soulmatenya HTML. Di dalam CSS ini semua elemen  yang ada di dalam sebuah web akan diatur. Mulai dari jumlah kolom, teks, background dan sebagainya.

  4. Efek tambahan yang diperlukan

    Saat ini teknologi pembuatan website makin berkembang. Hadirnya HTML, CSS3, SVG, dan teknologi membuat tampilan website semakin dinamis dan kece. Nah, siapa yang bertugas membuat tampilan website? Ya tentunya seorang web designer, karena tampilan lah yang pertama akan dilihat dalam sebuah web.

    Selain itu web designer dimanapun ia berada termasuk web design Makassar juga bertangggung jawab terhadap tampilan website, baik itu dalam sebuah handphone atau tab. Web designer juga yang bertanggung jawab jika akses antar slide dalam web berjalan lambat.

  5. Validation

    Inilah yang perlu diperhatikan. Kode juga harus diperhatikan apakah sudah memenuhi standar atau bisa jadi kode-kode ini haruslah melalui proses validasi.

  6. Revisi atau Update

    Jadinya sebuah website bukan berarti tugas web designer selesai, karena bisa saja setelah dikerjakan oleh web programmer namun ternyata ada desain yang kurang sempurna, ada kesalahan dan tugas web designer lah yang harus membetulkannya. Jadi web designer di sini memang tidak bekerja sendiri.

    Setelah semuanya oke dan fix, template dan HTML plus CSS akan diserahkan kepada web developer untuk diproses menjadi sebuah website yang dinamis, dari yang tadinya hanya beberapa halaman HTNL, hingga akhirnya dapat diakses oleh semua orang dengan ribuan hingga jutaan halaman.

    Jadi, sampai di sini sudah jelas ya bahwa tugas seorang web designer adalah membuat desain layout untuk sebuah website dan layout harus bekerja dengan baik jika dijalankan pada sebuah web browser.  Dan semua pekerjaan diatas tidaklah harus dilakukan secara berurutan, karena ada yang memulainya dari proses wireframe, ada juga yang memulainya dari potoshop karena teknologi web seperti HTML dan CSS saat ini sudah semakin canggih dan semuanya akan sama walaupun seorang web designer memulainya dari manapun.

Tools yang Wajib Diketahui Web Desiner

Mendesain sebuah web tentu membutuhkan bantuan sebuah platform digital. Banyak sekali web designer di berbagai kota termasuk web design Makassar yang mencari alat untuk membantu proses perancangan agar desain yang dihasilkan akan dinamis.

  1. Uxpin

    UX sendiri adalah singkatan dari user experience. Ux sendiri dibuat untuk web designer dengan penggunaan yang mudah dan responsif. UX sendiri memungkinkan penggunanya untuk membuat file desain berlapis.

  2. Pixate

    Saat membuat sebuah desain, tentu pikiran kita akan melayang kemana-mana untuk menghasilkan desain yang baik.  Banyak gagasan dan ide yang mucul. Saat gagasan muncul, tentu designer akan dilanda kebingungan mengenai desain mana yang akan digunakan. Tenang saja, karena ada Pixate yang siap membantu.

    Pixate sendiri adalah aplikasi yang berfungsi sebagai platform prototype untuk desain Anda agar Anda dapat mengujinya secara langsung dan Anda dapat, telihat atau membaginya dengan anggota tim.

    Pixate sendiri hadir dengan menu yang simple, jadi tidak membingungkan bagi Anda yang baru saja belajar. Dengan Pixate, web desaigner akan dibantu untuk menciptakan desain yang eye catching dalam hitungan menit.

  3. Avocode

    Avocode sendiri merupakan tools yang palin menonjol dibandingkan aplikasi lainnya, karena Avocade memiliki fitur export yang memungkinkan penggunanya untuk mengeksport file desainnya  untuk UI. Avocade memungkinkan penggunanya untuk mengeksport file Potoshop atau Sketch menjadi desain yang cantik untuk UI. Fasilitas inilah yang sangat hebat dan memberi Anda banyak fleksibilitas dalam proses perancangan dan member Anda control penuh atas perancangan Anda.

    Setelah membuat desain yang unik untuk UI, maka Anda dapat membagikannya karya Anda dengan tim Anda atau orang lain yang menggunakan aplikasi semacam ini melalui Whatsapp atau Messenger.

  4. Afinity

    Anda baru saja merancang sebuah web dan sedang mencari aplikasi yang pas? Maka Afinity adalah  jawabannya. Alat bantu yang hebat ini member semua kemudahan dan fitur dasar. Afinitas juga telah dianggap sebagai pesaing Photoshop.

    Bila Anda seorang web designer, maka Anda perlu bekerja dalam seni vector dalam beberapa langkah tertentu dan tentu Anda memerlukan alat zoom. Zoom afinitas cukup luar biasa dan membuat mendesain akan lebih sederhana untuk membuat rancangan menjadi lebih baik.

Memilih jasa web design

Cobalah cari jasa web design di kotamu, pasti banyak. Carilah web design Makassar, web design Malang, web design Aceh, web design Jakarta, web design Bandung, web design Yogyakarta, dan kota besar lainnya. Pasti banyak dan Anda bisa menghubunginya baik via email maupun telepon. Di sana Anda bisa menggunakan jasa mereka jika memang Anda tidak mau repot belajar dan berpikir bahwa masing-masing orang memiliki keahliannya masing masing.

Di kota Anda juga, Anda juga bisa menemukan tempat kursus web design. Mengapa membutuhkan tempat kursus karena Anda tetap membutuhkan pendampingan bukan? Butuh teman untuk bertanya dan sebagainya.

Baca Juga: Menjadi Web Developer Terbaik Indonesia