web developer terbaik indonesia

Menjadi Web Developer Terbaik Indonesia

Bagaimana sih memilih web developer terbaik indonesia untuk bisnis Anda? Ya, mungkin masih ada yang bingung dengan istilah ini. Tapi mungkin jika mendengar kata website, Anda sudah banyak mengenalnya ya. Web developer dan website adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tidak akan tercipta website tanpa adanya seorang web developer. Maka dari itu, untuk menghasilkan website yang baik, dibutuhkan website developer terbaik Indonesia bahkan dunia.

Inilah yang membuat harga website tidaklah murah, karena memang gaji seorang web developer cukup tinggi. Karena itulah banyak sekali orang yang mendambakan pekerjaan ini. Lapangan pekerjaan yang cukup luas plus gaji yang menarik membuat banyak orang tertarik untuk memperlajarinya.

Ada yang bercita-cita menjadi web developer terbaik Indonesia bahkan dunia? Kita bisa belajar baik secara otodidak atau kuliah dengan mengambil jurusan yang berhubungan dengan web developer ini seperti IT.

Pengertian Web Developer

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat, tugas web developer berhubungan dengan pembuatan suatu website. Tugas seorang web developer adalah membuat aplikasi yang berbasis web menggunakan bahasa pemrograman.  Web developer inilah penghubung dari seluruh sumber daya yang dibuthkan untuk pembuatan website, seperti database, domain, membuat tampilan web yang dinamis, dan banyak lagi. Web developer akan terus bertugas hingga nanti website selesai dan tidak ada keluhan saat digunakan.

Mungkin masih banyak yang bingung sebenarnya apa sih perbedaan tugas dari web master, web developer, dan web designer? Ini penjelasannya.

  1. Web Master

    Namanya master, orang ini pasti mahir dalam dunia web. Tugas seorang web master tidak hanya mendesain halaman web saja, namun juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang telah dibuat dan juga memastikan web yang telah dibuatnya dapat berjalan dan diakses dengan baik. Seorang web master juga bisa bertanggung jawab untuk mengoptimasi mesin SEO, mengisi konten, bahkan memasarkan website itu sendiri kepada publik. Biasanya web master memegang tanggung jawab yang berat, karena ia akan ditunjuk menjadi manager dari sebuah proyek dan mengatur pekerjaan web developer, web designer, hingga melakukan uji coba terhadap web yang telah dibuat sebelumnya.

  2. Web Designer

    Namanya designer, ia adalah seseorang yang bertugas untuk membuat tampilan halaman website menjadi cantik. Web designerlah yang bertugas untuk mengintergrasi beragam komponen seperti file gambar, vide, atau multimedia lainnya dalam sebuah halaman website. Menjadi seorang web designer memang tidak mudah, ia harus mengerti banyak hal, mulai dari HTML, CSS, W3C, dan sebagainya. Selain itu, seorang web designer harus mengerti masalah tampilan web dalam setiap perangkat yang akan digunakan, sehingga desainnya haruslah responsif. Tak jarang banyak sekali orang yang harus melalui proses perkuliahan atau kursus untuk menjadi seorang web designer.

  3. Web Developer

    Web developer adalah orang yang bertugas untuk menciptakan aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, PHP, Phyton. NET, dan sebagainya.web developerlah yang bertugas sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya akan digunakan dalam sebuah website. Tugasnya meliputi penggunaan database, membuat halaman yang dinamis untuk diakses, hingga mengatur cara bagaimana pengunjung berinteraksi dengan elemen web yang ada di dalamnya.Bagaimana? Berminat mempelajari yang mana saja nih? Memang yang menjadi favorit masih web developer, karena menjadi web developer keuntungannya banyak.

    Keuntungan pertama adalah Anda bisa bekerja jarak jauh. Ya, banyak sekali kesempatan untuk bekerja jarak jauh, karena banyak perusahaan yang justru mencari karyawan freelance untuk mengerjakan projectnya.

    Keuntungan selanjutnya, Anda dapat membuat website Anda sendiri. Jika Anda tak memiliki ketrampilan ini, maka Anda harus mengeluarkan uang yang cukup dalam untuk membeli sebuah website. Nah, jika Anda memiliki ketrampilan, maka pengeluaran ini bisa ditekan dan Anda pun bisa membantu banyak orang.

    Selanjutnya dengan memiliki ketrampilan ini Anda tidak harus lagi bekerja dengan orang lain, bahkan Anda dapat memulai usaha Anda sendiri dan menjadi seorang web developer terbaik Indonesia.

    Selain itu, keuntungan lainnya dapat berupa keuntungan materi dimana Anda dapat memperoleh pemasukan tambahan. Sudah disebutkan bahwa menjadi seorang web developer merupakan pekerjaan yang banyak diidamkan oleh banyak orang, karena selain gajinya cukup tinggi, peluangnya juga cukup luas.

Apa yang harus dipelajari?

Bagi seorang web developer, pekerjaannya tidaklah mudah. Untuk membuat aplikasi berbasis web, ia harus memahami bahasa pemrograman seperti Java Script, Java, My SQL, PHP, dan sebagainya. Pusing ya? Memang teman-teman menjadi web developer tidaklah mudah karena di awal saja sudah bingung kan dengan bahasa pemrogramannya?

  1. Belajar bahasa pemrograman

    Untuk menjadi web developer terbaik Indonesia, kita harus memahami beberapa pemrograman. Apa saja

  2. HTML

    Sering mendengar HTML? Ya karena bahasa pemrograman inilah yang paling dasar dan wajib untuk dikuasai seorang web developer. Di dalam HTML inilah web developer akan membangun struktur tampilan webnya mulai header, content, footer, menu, dan sebagainya.

    Walaupun HTML ini yang mengatur struktur tampilan web, tidak cukup HTML saja, masih ada bahasa lain yang harus dipelajari lho.

  3. CSS

    Nah, ini nih soulmate nya HTML. Namanya CSS. Tanpa adanya si CSS, maka tampilan web tidak akan indah. CSS inilah yang mengatur layout serta tampilan web mulai dari font, background, dan sebagainya. Kombinasi HTML dan CSS inilah yang membuat tampilan web yang indah.

  4. Bahasa scripting

    Banyak sekali bahasa cripting seperti PHP, Phyton, ASP, ColdFushion, dan sebagainya. Bahasa-bahasa inilah yang akan digunakan untuk membangun aplikasi web. Jika HTML dan CSS menentukan tampilan sebuah website, maka Scripting bertugas untuk mengontrol logika dari sebuah aplikasi web. Bahasa Scipting membuat database dan aplikasi kita tetap terhubung serta mengolah input outputnya.

    Jika ingin memilih Scripting yang tepat, sebaiknya pilih PHP saja. Mengapa? Karena PHP inilah aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat aplikasi web.  Selain itu PHP banyak dijadikan pilihan karena sifatnya terbuka dan bebas biaya, sehingga seorang web developer akan mudah untuk belajar danmembuat aplikasi web. Apalagi tutorialnya juga banyak, jadi tidak sulit untuk belajar.

  5. SQL

    SQL adalah bahasa Script untuk database. Database sediri adalah aplikasi pengolah data yang bertugas menyimpan data untuk digunakan dengan aplikasi web kita. Database pun jenisnya bermacam-macam seperti My SQL, Oracle, SQL Server, dan sebagainya. Seorang web developer diharuskan mempelajari salah satunya, walaupun SQL menjadi standar bahasa yang digunakan. Namun mereka diharuskan untuk memperlajari salah satu scripting database agar mudah dalam menyimpan, mengelola dan memberikan output dengan tersedianya fungsi yang membantu user bekerja dengan database.

  6. Javasript

    Inilah bahasa scripting yang berjalan di browser. Bahasa ini sebenarnya tidak mutlak untuk dipelajari, namun jika ada klien yang ingin membuat web menggunakan efek animasi dan lebih interaktif, maka Javascript inilah yang membantu.

  7. Teknik penyelesaian kasus pemrograman web

    Seorang web developer terbaik Indonesia haruslah handal dalam menyelesaikan beragam masalah yang muncul. Bagaimana bahasa pemrograman yang berhubungan dengan tanggal. Bagaimana menghubungkan web dengan aplikasi web lainnya, dan masalah lainnya.  Dengan mempelajari penyelesaian kasus pemrograman web, maka pemrograman web dapat dilakukan dengan lebih efektif.

  8. Mempelajari metode pengembangan web

    Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah website seperti RUP, USDP, Agile, dan sebagainya tapi semuanya berfokus pada analisa, pengembangan, dan perancangan serta pengujian. Lakukanlah pengembangan dengan menggunakan metode di atas dan catat apa saja yang masih diperlukan oleh aplikasi ini dan rancanglah aplikasi ini sebelum melakukan coding. Ujilah dahulu sebelum website dirilis. Dan jika memang diperlukan tak ada salahnya kembali ke tahap sebelumnya.

  9. Belajar mengolah gambar

    Mungkin ada yang bertanya mengapa web developer terbaik Indonesia harus mempelajari olah gambar? Apa hubungannya? Begini, gambar adalah metode yang paling efektif dan cepat untuk menyampaikan sebuah informasi dibandingkan melalui tulisan yang sangat panjang. Sebenarnya ini bukan hal mutlak, karena sebenarnya mendesain adalah tugas dari web designer. Hanya saja jika kita bisa mendesain sendiri maka akan lebih mudah karena kita tidak perlu meminta bantuan teman. Pelajari saja software yang umum dibutuhkan, seperti Adobe Photohop. Dengan begitu kita bisa membuat sendiri background, pattern, dan sebagainya.

  10. Menggunakan Framework

    Framework sendiri merupakan sekumpulan fungsi dan library yang dapat memudahkan pemrograman Anda. Gunakan framework sesuai dengan bahasa pemrograman yang ada..Misalnya saja ASP menggunakan NET Framework, Phython dengan Django Framework, dan sebagainya.

    Lakukan riset dahulu sebelum menenukan pilihan Anda. Setelah menemukan pilihan, pelajari dengan sungguh-sungguh dan jangan berpindah-pindah, karena justru kita tidak akan memperoleh manfaat secara maksimal karena pemahaman yang terpecah-pecah. Jadi, tentukan pilihan.

  11. Teknik untuk mengoptimalkan aplikasi Anda

    Agar aplikasi berjalan cepat dan responsif, maka Anda harus melakukan optimalisasi. Pelajarilah teknik pemrograman web yang baik dan pemecahan masalahnya. Ditambah masalah lain seperti optimalisasi database dan web servernya.

  12. Mempelajari web server

    Mengapa perlu dipelajari? Tentu saja agar seorang web developer mengtahui bagaimana menjalankan aplikasi Anda di web server atau bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi menjadi optimal dalam web server

    Bisa saja dengan penggunaan caching seperti APC, eAccelerator, dan sebagainya. Atau bisa gunakan file .htaccess untuk mnciptakan url yang friendly atau url yang enak dibaca.

  13. Pelajari penggunaan control panel hosting

    Karena Anda akan banyak berhubungan dengan control panel jika menyewa hosting untuk web, maka harus siap untuk mempelajari penggunaan control panel hosting. Ada Cpanel. Pleks, dan ISPConfig. Dengan memiliki pemahaman lebih mengenai Control Panel Hosting, maka aplikasi Anda akan berjalan secara maksimal

  14. Ikuti perkembangan tren

    Teknologi tentu akansemakin mengalami perkembangan. Contohnya saja dengan munculnya teknologi RSS dan PodCasting. Jangan bosan untuk belajar dan pelajarilah bagaimana pengunaan teknologi tersebut, karena teknologi yang out of date lama lama juga akan ditinggalkan penggunanya. Jadilah seorang web developer terbaik Indonesia yang update dengan perkembangan teknologi.

  15. Manajemen proyek

    Membuat website dan aplikasi tentu merupakan sebuah project yang harus diatur. Dan direncanakan. Untuk itu, tak ada salahnya Anda memperlajari majemen proyek agar semuanya dapat berjalan secara terorganisisr dan efektif.

Memilih Web Developer Terbaik Indonesia

Memang tidak mudah menjadi seorang web developer terbaik di Indonesia. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan dana yang cukup menguras kantong untuk belajar. Walaupun bisa dilakukan secara otodidak, namun seseorang yang belajar tetap membutuhkan pendapingan dari yang ahli.

Di satu sisi, tidak semuanya harus dipelajari, karena seseorang memiliki keahliannya masing-maisng tidak harus semua bisa bukan? Untuk itulah tak jarang seseorang lebih memilih untuk menggunakan jasa web developer terbaik.

Sayangnya memilih, web developer terbaik tidaklah mudah. Bagaimana caranya?

  1. Rekam Jejak

    Apa yang Anda harapkan saat menggunakan jasa web developer? Tentu Anda berharap akan membuahkan hasil yang terbaik. Untuk itulah Anda harus memastikan rekam jejak web developer tersebut.

    Salah satu cara untuk mengecek rekan jejak seorang web developer adalah dengan mengecek perusahaan mana saja yang pernah menjadi kliennya. Dan lihatlah web nya apakah baik atau tidak.

    Jika setelah dicek ternyata web developer tersebut telah lama menangani pembuatan situs web untuk perusahaan besar, berarti kredibilitasnya memang tidak diragukan lagi. Namun, jika baru berdiri dan belum memiliki rekam jejak yang meyakinkan, maka Anda harus teliti lagi dan pertimbangkan ulang untuk menggunakan jasa mereka

  2. Legalitas

    Sebagian jasa pembuatan website ada yang dijalankan dan dikelola secara pribadi, namun ada juga yang dihandle oleh perusahaan. Jika Anda berencana untuk mengembangkan sebuah situs web dalam jangka panjang, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa web developer resmi yang memang terpercaya.

    Jika Anda menggunakan jasa web developer yang resmi tentu akan ada aturan resmi dengan perjanjian yang professional. Dengan begitu, tidak akan ada pihak yang dirugikan.

  3. Harga

    Harga yang murah kerap menjadi salah satu faktor yang menggiurkan bagi pengguna jasa web developer. Namun, inilah yang membuat pemilik web merasa kecewa, karena situs web yang diterima tidak sesuai yang diharapkan. Misalnya saja sulit diakses atau desainnya terlalu sederhana dan sulit dioperasikan.

    Walaupun demikian, harga mahal bukan berarti web developer tersebut baik, karena banyak juga web developer yang memasang tarif mahal, tetapi kualitasnya juga kurang. Jadi, sebagai pengguna jasa sebaiknya tetap perhatikan rekam jejak dan legalitasnya.

  4. Template

    Tentu kita sering menemukan beberapa situs perusahan memiliki tampilan yang sama. Ini disebabkan karena banyaknya template yang gratis dan dapat digunakan dengan mudah. Namun, walaupun menggunakan template gratisan, jika kita menggunakan web developer yang baik, maka tampilannya akan berbeda dari yang lain.

    Agar bisnis Anda semakin dikenali, pilihlah web developer terbaik Indonesia yang bisa membuat template original dan cobalah berkonsultasi desain yang Anda inginkan, misalnya saja tema yang diinginkan, niche, dan gambar atau logo.

  5. User experience

    Mudahnya mencari produk atau interaksi dengan pengunjung tentu menjadi salah satu hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam pembuatan sebuah situs web. Karena itulah jika ingin membuat website, sebaiknya Anda memastikan bahwa portofolio yang ditampilkan telah memiliki kriteria tersebut.

    Sebuah jasa pembuat situs web yang baik tentu akan menyediakan tutorial yang mudah untuk diikuti. Jika memang diperlukan, pilih pengembang web yang menyediakan program pelatihan untuk meminimalkan adanya kendala pengoperasian di masa depan.

Itulah beberapa cara untuk memilih web developer terbaik Indonesia. Sebagai pembeli kita memang harus cerdas dalam memilih ya. Jadi Anda mau jadi team apa? Menggunakan jasa atau merasa tertantang untuk belajar menjadi web developer terbaik Indonesia?

Baca Juga: Manfaat Website di Era Globalisasi